Dengan menjamurnya aplikasi berbasis photosharing, banyak orang yang mulai melirik dunia fotografi. Memilih kamera adalah salah satu tahap penting dalam memulai hobi fotografi, maka tak jarang banyak yang bingung dalam menentukan kamera pertama mereka. Pertanyaan-pertanyaan pun timbul tentang kamera mana yang memiliki performa yang lebih baik dan lebih mudah digunakan.

Untuk kamera DSLR Sendiri, Pasar Indonesia didominasi oleh dua merek raksasa, yaitu Canon dan Nikon. Bahkan tidak merek-merek lain seperti Sony, Vivitar, dan Panasonic tenggelam akibat suksesnya kedua merek tersebut. Banyak fotografer berpengalaman berpendapat bahwa merek bukanlah sebuah masalah. Baca juga: Daftar Harga Kamera DSLR Murah

Akan tetapi, bagi pemula yang mungkin masih keraguan dalam menjejaki dunia fotografi dan minim pengetahuan tentunya perlu tahu tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing merek kamera.

kamera canon terbaru

Dari segi kualitas memang kedua merek tersebut tidak diragukan lagi. Namun, masih banyak pertanyaan yang berseliweran tentang merek manakah yang lebih unggul. Apakah Anda juga demikian? Mari kita lihat penjelasan berikut ini.

  1. Dinilai dari sudut pandang teknologi

Banyak yang berpendapat, bahwa Canon untuk hal teknologi lebih baik dibandingkan Nikon. Pendapat-pendapat tersebut berlandaskan pernyataan bahwa Canon mempunyai image processing system yang mampu menjaga dengan lebih stabil framerate. Selain itu, kemampuan tersebut dinilai pula lebih cepat daripada Nikon.

Alhasil, gambar yang dihasilkan lebih halus dan tidak memerlukan banyak editingfoto. Oleh karenanya, teknologi ini lebih bersahabat bagi mereka yang biasa dengan teknik point andshoot. Namun, Imageprocessingyang lambat dari Nikon tersebut masih dapat diakali dengan mode Raw, yang ditangkap langsung oleh sensor dan berbentuk data mentah.

Poin lainnya adalah Nikon memiliki teknologi auto-fokus yang lebih baik dan efisien, walau untuk image stabilization keduanya memiliki standar yang sama.Selain itu juga kelebihan Nikon terlihat dari lensa beserta fiturnya. Lensa pada Nikon mempunyai kualitas yang cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan Canon. Apalagi fitur pada Nikon dinilai lebih lengkap dan beragam daripada Canon.

Perihal Lensa, sebenarnya tergantung dari kebutuhan si pemakai. Untuk lensa dengan zoom serta aperture konstan, maka Canon adalah jawabannya. Bagi mereka yang membutuhkan lensa yang lebih terang dan lebih besar maka Nikon jauh lebih cocok. Oleh karenanya lensa Nikon dicari oleh mereka yang memiliki keahlian lebih dan mengincar nilai seninya.

Keunggulan dari Canon adalah bahwa kamera merek ini dinilai lebih baik pada aspek pengaturan pre-dialnya. Canon mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengkondisian kamera. Hal itu menyebabkan Canon sering dinilai lebih efisien dalam kegiatan yang membutuhkan kecepatan dan kegesitan.

  1. Gambar yang dihasilkan

Dengan menjamurnya kamera DSLR, banyak produsen kamera yang berlomba-lomba untuk mempromosikan keunggulan merek mereka. Alhasil, pengembangan yang dilakukan terkadang terkesan dibuat-buat, menjadikannya sulit untuk dinilai secara objektif dan menentukan fitur dan pengembangan mana yang penting diperhatikan.

Dewasa ini, nilai jual kamera di masyarakat awan lebih ditekankan pada tinggi rendahnya nilai megapixel yang mampu ditangkap kamera. Hal itu menimbulkan asumsi bahwa semakin tinggi megapixel suatu kamera maka semakin berkualitaslah kamera tersebut. Tentunya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, hal itu bisa dilihat dari kualitas kamera saku yang memliki megapixel besar dengan DSLR yang memiliki megapixel lebih kecil.

Padahal, level ISO juga ikut menentukan kualitas gambar, karena berperan untuk menentukan banyaknya cahaya yang ditangkap sensor kamera untuk memindahkannya ke dalam pixel. Semakin besar suatu sensor semakin lebar ruang antarpixel yang mampu mencegah kemunculan noise. Lebar sensor juga mempengaruhi besarnya pixel pula, semakin besar pixel, semakin baik pula tangkapan cahayanya.

Megapixel suatu kamera memang penting, tetapi sensor kamera juga mempengaruhi kualitas hasil jepretan. Dari segi promosi Canon lebih unggul karena mengetahui pemahaman pasar, seperti menekankan fitur HD yang tentunya disenangi baik fotografer pemula ataupun kawakan.

  1. Target Konsumen

Terdapat asumsi dikalangan masyarakat, bahwa orang yang menggunakan Canon adalah pasti seorang pemula atau amatiran, sementara Nikon adalah kamera bagi para profesional. Hal itu didasari pada fitur kamera Canon yang dianggap lebih userfriendly jika dibandingkan dengan Nikon yang sepenuhnya mengandalkan pengaturan dan cita rasa manual.

Hal itu disebabkan InterfaceNikon sendiri lebih berantakan, lebih sulit dipahami, dan susunan menunya yang kurang rapi. Tentu hal tersebut menyumbang pendapat bahwa Nikon sangat tidak userfriendly. Canon sendiri memiliki Interface-nya mudah dipahami dan susunan menu yang tertata dan terorganisir.

Pada dasarnya memang kamera Canon lebih mudah dipahami pengoperasiannya daripada Nikon. Perbandingan kasarnya, penggunaan kamera Nikon membutuhkan keahlian dua kali lipat dibandingkan penggunaan kamera Canon.

Akhirnya, semua kembali pada user, beberapa fotografer profesional lebih menyukai Nikon untuk memaksimalkan hasil jepretan. Hal itu dikarenakan Nikon memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan lebih baik dalam sensitivitas cahaya, sehingga performanya tidak berkurang di cahaya yang redup.

  1. Ketahanan dan keawetan Kamera

Salah satu pertimbangan penting dalam memilih kamera adalah menilai dari segi keawetannya. Hal ini sebenarnya sangat subjektif, sehingga kualitas penentunya cukup sulit untuk dicari. Menurut beberapa pendapat, Nikon memiliki standar ketahanan yang lebih dibandingkan Canon.

Ada pula yang mengatakan ketahanan Canon tidak jauh jika dibandingkan dengan Nikon. Dari segi body sendiri, bisa dibilang model dari kamera-kamera Canon terkesan lebih elegan dan lebih nyaman untuk dipegang.

  1. Harga Kamera

Pertimbangan lainnya, tentunya tidak jauh-jauh dari permasalahan harga, manakah yang lebih terjangkau tetapi masih memiliki performa baik. Intinya, kualitas kedua merek kamera ini sama-sama baik, harganya pun tergantung kelas, tipe, dan spesifikasinya. Namun, untuk beberapa tipe yang setara, kamera Nikon terasa lebih mahal. Di sisi lain, beberapa tipe kamera Canon pun lebih mahal daripada Nikon.

Jadi memang tergantung dari jenis kamera itu sendiri. Anda dapat menentukan spesifikasi yang Anda inginkan sebelumnya, dan mencari merek mana yang memiliki harga lebih murah untuk spesifikasi tersebut. Masalah harga kamera secondhand, Canon jelas memiliki keunggulan harga, karena lebih mudah dioperasikan, maka permintaannya cenderung lebih banyak.

Intinya, pada saat ingin membeli kamera sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Untuk pemula tentu disarankan kamera Canon sebagai salah satu jalan untuk mengenal dunia fotografi.

Bagi middlefotographersendiri, tergantung kenyamanan saat memakainya, jikalau masih nyaman dengan Canon tidak ada salahnya tetap menggunakannya. Sama halnya jika merasa ingin mengeskplor, bisa juga mencoba kamera Nikon, dan menilainya sendiri.

Biasanya untuk fotografer kawakan, akan lebih tertarik pada kamera Nikon karena berbagai fiturnya dan hasil yang maksimal. Namun, bukan berarti kamera Canon juga tidak boleh digunakan oleh mereka yang sudah matang mendalami dunia foto. Semua pada akhirnya kembali pada kenyamanan pemakaian. Jadi mana kamera yang sesuai untuk Anda?

Nikon dan Canon, Manakah yang Lebih Baik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *