Dizaman serba teknologi seperti sekarang ini, kulkas alias lemari pendingin/ lemari es sudah banyak dijumpai di setiap rumah. Fungsi kulkas sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan aneka jenis makanan dalam jumlah besar agar makanan lebih tahan lama. Makanan yang bisa disimpan seperti sayuran, buah-buahan, kue, bumbu-bumbu, daging, bahkan membuat butir-butir es batu.

Melihat betapa banyaknya manfaat dari kulkas, tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memilikinya. Kulkas dua pintu adalah salah satu model terkini kulkas yang banyak diminati masyarakat. Namun tahukah Anda, bahwa ada beberapa hal penting yang mesti Anda lakukan agar kulkas dua pintu yang Anda miliki tetap awet dan bekerja secara optimal.

Sebenarnya ada banyak merek kulkas 2 pintu yang bisa Anda temukan di pasaran Indonesia, seperti Panasonic, LG, Sanyo, Polytron, Samsung, dan lain-lain. Masing-masing merek memiliki harga yang berbeda tergantung kualitas dan ukuran kulkas dua pintu tersebut. Sebenarnya tidak masalah jika kulkas 2 pintu Anda merupakan merek terkenal atau bukan, karena yang terpenting adalah cara merawat kulkas 2 pintu agar tetap awet dan bekerja secara optimal.

kulkas 2 pintu

Cara Perawatan Kulkas 2 Pintu yang Tepat

Perawatan yang dilakukan untuk kulkas 2 pintu Anda cukup mudah. Ada beberapa peraturan yang semestinya Anda patuhi dalam merawat kulkas 2 pintu. Anda perlu memahami beberapa tips di bawah ini agar kulkas 2 pintu Anda bekerja dengan lancar, dapat mengawetkan makanan Anda dengan optimal, dan lebih awet dipakai bertahun-tahun.

  • Isilah kulkas Anda dengan muatan yang tepat

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan adalah muatan makanan yang ada di dalam kulkas Anda harus dalam porsi yang tepat atau tidak berlebihan. Selain mengisinya dengan beban muatan yang tidak berlebihan, Anda juga perlu mengatur letak setiap golongan makanan di dalam kulkas Anda. Selain memudahkan dalam mengambil dan mencari bahan makanan, mengatur letak setiap makanan dan minuman bisa membuat kulkas Anda terlihat rapi, bersih, dan menarik.

Hindari menyimpan bahan-bahan makanan secara bertumpuk-tumpuk tidak karuan. Perhatikan batas minimum penyimpanan. Terutama bagi ibu-ibu yang memiliki persediaan bahan makanan banyak, perlu memilah makanan mana yang memerlukan suhu dingin dan yang tidak.

Ketika Anda mengisi kulkas dengan makanan dan minuman secara berlebihan, maka akan menyebabkan mesin kulkas bekerja lebih keras. Selain itu juga, hal tersebut bisa membuat kulkas Anda mengeluarkan bau yang tak sedap dan mengakibatkan temperatur dalam kulkas menjadi kurang dingin, karena tidak ada ruang untuk sirkulasi udara.

  • Tutuplah pintu kulkas Anda dengan rapat

Tips yang kedua adalah mengenai kebiasaan membuka tutup pintu kulkas. Terkadang banyak orang tidak memahami masalah ini. Pastikan ketika Anda membuka tutup kulkas, pintu kulkas sudah tertutup rapat. Hal ini disebabkan karena jika pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat atau terbuka walau sedikit saja, maka akan mengakibatkan tenaga listrik yang digunakan semakin besar.

Saat Anda membuka kulkas, pastikan jangan terlalu lama saat membukanya. Hal ini dimaksudkan agar udara dingin yang berasal dari dalam kulkas Anda tidak banyak keluar. Jika Anda membuka kulkas terlalu lama, maka mesin kulkas akan bekerja terlalu keras sehingga kulkas Anda akan cepat rusak dan tidak lagi awet bertahun-tahun. Jadi ingat-ingat ya!

  • Dilarang memasukan minuman panas ke dalam kulkas

Kulkas memang digunakan untuk menyimpan makanan agar tetap awet dan terutama minuman agar tetap dingin dan segar. Namun sekali-kali jangan pernah memasukkan minuman atau makanan yang masih panas ke dalam kulkas dua pintu Anda. Jika kebiasaan buruk itu Anda lakukan terus menerus, maka akan berpengaruh buruk bagi kinerja kulkas dua pintu Anda. Maka dari itu, pastikan minuman dan makanan sudah tidak panas sebelum dimasukkan ke dalam kulkas Anda.

Selain itu untuk menghemat penggunaan listrik, Anda perlu memahami cara mengatur temperatur dalam kulkas. Aturlah temperatur sesuai kebutuhan, tidak terlalu dingin dan juga sebaliknya. Suhu yang terlalu dingin akan membuat mesin kulkas Anda bekerja lebih keras sehingga otomatis akan menambah biaya listrik. Namun sebaliknya, jika Anda mengatur temperatur terlalu panas (suhu ruangan) maka makanan Anda akan cepat basi alias tidak tahan lama.

  • Bersihkan kulkas 2 pintu Anda dengan air hangat

Cara membersihkan kulkas 2 pintu sangatlah mudah. Ketika kulkas Anda terlihat kotor, maka ambillah lap pembersih yang lembut dan air hangat untuk membersihkan dinding-dinding kulkas Anda dari kotoran-kotoran yang menempel. Jika masih ada kotoran yang tidak bisa dibersihkan dengan lap pembersih, maka Anda bisa membersihkannya dengan sedikit sabun pembersih yang lembut dan bilas dengan air hangat. Pastikan Anda mematikan aliran listrik saat Anda membersihkan kulkas.

  • Rajinlah membersihkan bunga es dipenampungan freezer

Jika Anda melihat bagian bawah freezer, akan Anda jumpai wadah penampungan yang sering terdapat bunga es. Jika dibiarkan terus-menerus, bunga es ini akan bertambah banyak dan tebal. Nah, Anda perlu membersihkannya secara rutin agar freezer kulkas Anda bekerja secara optimal. Cara membersihkannya adalah dengan mencairkan bunga es dengan menurunkan suhu kulkas atau mematikan sementara aliran listrik kulkas Anda.

  • Rajinlah membersihkan kondensor kulkas Anda

Kondensor adalah bagian terpenting dari kulkas yang mempengaruhi kinerja kulkas Anda. Rajin-rajinlah membersihkan kondensor kulkas Anda agar kulkas dapat bekerja dengan lancar. Jika Anda tidak memperhatikan kondisi kondensor kulkas, maka debu-debu yang mengumpul di dalam kondensor akan bertambah banyak dan menghambat proses pelepasan panas mesin kulkas Anda.

  • Jangan gunakan benda tajam saat membersihkan bunga es

Saat Anda membersihkan bunga es yang menumpuk dan menempel di dinding kulkas, maka jangan sekali-kali menghilangkannya dengan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting, atau benda tajam lainnya. Penggunaan benda tajam dapat menyebabkan sistem pendingin kulkas 2 pintu Anda rusak atau tidak bekerja secara optimal. Jika Anda hendak membersihkan bunga es, cukup mematikan aliran listrik kulkas lalu membuka pintu kulkas sampai bunga-bunga esnya mencair

  • Perhatikan jarak kulkas Anda dari dinding

Nah tips selanjutnya adalah Anda perlu memperhatikan letak kulkas Anda di rumah. Pastikan kulkas Anda tidak langsung menempel dengan dinding.  Berilah jarak kira-kira 20 cm antara dinding dan kulkas Anda. Hal ini dimaksudkan agar udara panas yang keluar dari mesin kulkas Anda bisa keluar secara maksimal, sehingga aliran panas dari mesin tidak terhalang tembok.

Itu adalah beberapa tips untuk merawat kulkas 2 pintu Anda agar tetap awet dan bekerja secara optimal. Poin terpenting dari tips merawat kulkas agar tetap awet adalah membersihkannya secara teratur. Jika Anda merawat kulkas dua pintu secara tepat, maka kulkas Anda akan tetap awet dan bertahan digunakan walau bertahun-tahun lamanya.

Hal yang terpenting lainnya adalah jika Anda sedang tidak menggunakan kulkas 2 pintu Anda, atau kulkas sedang tidak diisi dengan makanan dan minuman, maka lebih baik mesinnya dimatikan. Hal ini bermanfaat untuk merawat kompresor kulkas, karena jika kulkas tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama maka akan bisa merusak kompresornya.

8 Tips Merawat Kulkas 2 Pintu Agar Tetap Awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *